Cara Merawat Monstera Variegata Tumbuh Subur

Memilih jenis tanaman hias Monstera sebagai penghias rumah adalah langkah tepat yang dapat Anda ambil, dan salah satunya adalah jenis Monstera Variegata. Karena jenis tanaman ini memiliki bentuk dan warna daun yang unik. Selain itu, cara merawat Monstera Variegata pun tidak terlalu sulit.

Nah, apakah saat ini Anda sudah memiliki jenis tanaman Monstera Variegata di rumah?

Jika sudah dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara merawat tanaman. Terkhusus cara merawat Monstera Variegata, maka tidak ada salahnya menyimak ulasan artikel di bawah ini hingga akhir.

Cara Merawat Monstera Variegata

Dengan memberikannya perawatan secara benar akan membuat tanaman Anda tumbuh dengan subur. Dan untuk mewujudkannya, lakukan beberapa cara merawat Monstera Variegata berikut ini secara teratur.

1. Perhatikan Media Tanam dan Nutrisi

Memperhatikan media tanam termasuk salah satu cara merawat Monstera Variegata, foto: unsplash.com
Memperhatikan media tanam termasuk salah satu cara merawat Monstera Variegata, foto: unsplash.com

Cara merawat Monstera Variegata pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa media tanam serta nutrisi yang dipilih sudah tepat, untuk menunjang perkembangannya. 

Sebagai saran, ada baiknya media tanam yang digunakan yakni campuran pasir dan tanah ditambah dengan pupuk, perbandingannya 1 : 1. Anda juga bisa secara rutin memberikan pupuk jenis B1 dalam kurun waktu seminggu sekali.

Pemberian pupuk secara rutin ini mampu merangsang pertumbuhan jaringan baru dengan jauh lebih optimal. Tanamannya pun tumbuh semakin sehat dan berkembang. Sebagai tambahan opsi untuk menjaga nutrisi, bisa juga menambahkan hidroton di dalam pot.

Hidroton tentu memiliki banyak manfaat yang positif, mulai dari optimalisasi hidrasi, mempercantik tampilan, hingga mengoptimalkan topangan batang.

2. Perhatikan Jadwal Penyiraman

Monstera Variegata termasuk dalam jenis tanaman Variegata populer yang diburu oleh para kolektor tanaman. Corak putih yang menghiasi hijaunya daun beraksen beberapa sobekan unik ini tampaknya membuat banyak orang terpesona. Dan supaya tetap tumbuh sehat serta mempesona, tentu tanaman ini harus disiram dengan benar.

Ilustrasi teknik menyiram tanaman juga termasuk cara merawat Monstera Variegata, foto: unsplash.com
Ilustrasi teknik menyiram tanaman juga termasuk cara merawat Monstera Variegata, foto: unsplash.com

Rekomendasinya dalam satu minggu, lakukan penyiraman 1 hingga 3 kali. Paling bagus jika menyiramnya pada waktu sore hari. Lantaran pada waktu tersebut, proses penyerapan air akan semakin maksimal. Air sendiri merupakan elemen penting untuk perkembangannya.

Air yang mencukupi akan memaksimalkan proses fotosintesis tanaman, sehingga pertumbuhannya jauh lebih terjamin. Namun, perlu dijaga agar kelembaban tanaman tersebut tidak berlebihan. Alih-alih memenuhi nutrisinya, malah bisa jadi membusuk lantaran terlampau lembab. 

3. Lakukan Rotasi Pencahayaan

Sebagai salah satu jenis tanaman hias terbaik, Monstera Variegata ini ternyata termasuk dalam kategori tanaman yang tak begitu menyukai sinar matahari secara langsung. 

Itu mengapa tak jarang tanaman ini diletakkan di dalam ruangan. Sangat ideal memang dijadikan sebagai salah satu pilihan tanaman penghias ruangan.

Namun, perlu diingat juga bahwa sesekali Monstera Variegata ini juga membutuhkan paparan sinar matahari dengan intensitas berimbang. Sebagai solusi, Anda bisa sesekali menjemurnya bersamaan dengan jadwal penyiraman.

Ilustrasi teknik pencahayaan juga termasuk cara merawat Monstera Variegata, foto: unsplash.com
Ilustrasi teknik pencahayaan juga termasuk cara merawat Monstera Variegata, foto: unsplash.com

Anda bisa menjemurnya langsung di luar ruangan dengan menambah jaring pelindung pada bagian atasnya. Anda pun juga bisa menjemurnya di dalam ruangan saja. Dengan kata lain menempatkannya di dekat jendela yang memang terkena sinar matahari.

Pastikan Anda menjemurnya dengan teknik yang benar. Karena dengan teknik yang salah bisa saja membuatnya menjadi layu atau bahkan mati.

Kekurangan siraman cahaya matahari bisa membuatnya sakit, lantaran adanya pertumbuhan mikroba. Namun, jika telalu banyak mendapat sinar matahari secara langsung juga akan membuatnya cepat layu.

4. Ganti Pot dan Pemotongan Tepat

Monstera Variegata memang jenis tanaman hias daun yang bisa bertumbuh besar seiring perkembangannya. Itu sebabnya perlu untuk memeriksa apakah potnya sudah waktunya untuk diganti. Sebagai penandanya, Anda bisa melihat dari kuantitas akar yang dimilikinya.

Jika akarnya dinilai sudah penuh dan saling berbelit di dalam pot. Ada baiknya untuk menggantinya dengan pot yang lebih besar. Sekiranya berukuran 50 cm lebih besar dari pot yang sebelumnya, agar pertumbuhan tanaman ini tak sampai terbatasi.

Ganti pot dengan ukuran sesuai bagian dari cara merawat Monstera Variegata, foto: instagram.com
Ganti pot dengan ukuran sesuai bagian dari cara merawat Monstera Variegata, foto: instagram.com

Hal yang harus diperhatikan juga terkait jadwal pemotongan tangkai atau daun yang sudah kering. Tetapi Anda juga bisa membiarkannya gugur dengan sendirinya. Dengan ini akan mendapatkan hasil yang lebih bagus pada bekas tangkai tersebut.

Jadi, Anda hanya perlu sesekali membersihkan guguran tangkai atau daun tersebut. Dan supaya tanaman ini tetap terlihat cantik, Anda perlu merapikan beberapa bagian. Terutama bagian bekas tangkai atau daun yang telah gugur.

5. Basmi Debu dan Gulma Berkala

Cara merawat Monstera Variegata yang tak kalah penting adalah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Perhatikan apakah permukaan daunnya sudah dipenuhi debu? Jika iya, maka mengelapnya secara perlahan bisa menjadi ide yang bagus.

Daun Monstera Variegata adalah kunci utama dari keindahan tanaman ini. Merawatnya agar jauh dari debu merupakan langkah wajib agar pesonanya tetap terjaga. Perhatikan pula pada bagian potnya. Bersihkan kotoran yang mungkin sempat menumpuk di sana.

Jika ada tumbuhan gulma atau hama tanaman yang dirasa berpotensi mengganggu perkembangannya, maka jangan segan untuk menyingkirkannya. Memiliki hobi dengan tanaman hias, tentu harus memberikan perawatan dan mengasihinya sepenuh hati.

Pastikan cara merawat Monstera Variegata dengan benar agar tumbuh subur, foto: carousell.com
Pastikan cara merawat Monstera Variegata dengan benar agar tumbuh subur, foto: carousell.com

Inilah beberapa cara merawat Monstera Variegata yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Dengan melakukannya secara teratur akan membuat jenis tanaman Monstera Variegata yang Anda miliki tumbuh subur dan tampak cantik menghiasi ruangan.

Dan jika menginginkan hasil yang optimal dalam perawatan tanaman atau taman di rumah Anda. Maka bisa mempercayakannya kepada jasa taman Jogja profesional yang memberikan layanan jasa perawatan taman. Terutama bagi Anda yang tinggal di Jogja dan sekitarnya.

Demikian artikel ini kami susun, semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi bagi Anda terkait cara merawat Monstera Variegata. Anda juga dibolehkan untuk share artikel ini sebagai tanda berbagi kebaikan antar sesama. Serta jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya dari kami seputar dunia taman atau tanaman. Terimakasih.

Leave a Comment