4 Tanaman untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga Kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Hal ini karena kesehatan gigi sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada sebuah studi penelitian yang menyebutkan jika kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menyebabkan berbagai penyakit lain yang dapat membahayakan bagian-bagian tubuh lain.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta merawatnya dengan teliti. Jangan sampai hanya karena gigi atau mulut kita tidak sehat, kita justru terkena penyakit-penyakit lain yang mungkin lebih menyakitkan dan membahayakan. Tentunya ada banyak sekali cara dalam merawat gigi dan mulut.

Cara Merawat Gigi dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi
Menyikat gigi adalah salah satu cara merawat kesehatan gigi. Sumber: liputan6.com

Kita bisa pergi mengecek kondisi gigi kita secara berkala ke dokter-dokter gigi terdekat seperti dokter gigi Jogja. Setidaknya, kita harus memeriksa kondisi gigi dan mulut kita ke dokter gigi enam bulan sekali. Dengan ini, kita bias mengetahui kondisi gigi dan mulut kita secara kontinyu. Jika ada penyakit juga akan langsung ketahuan dan dokter juga bisa langsung mengobatinya.

Selain dengan melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi terdekat, kita juga bisa merawat dan menjaga gigi dan mulut secara mandiri. Salah satu cara yang paling murah yaitu dengan rajin membersihkan gigi dan mulut dengan pasta gigi dan obat kumur. Jangan lupa juga untuk mengganti alat pembersih gigi dan mulut anda secara berkala.

Kesehatan gigi dan mulut yang sempurna adalah kombinasi dari kedua aktivitas di atas yaitu membersihkan gigi dan mulut secara mandiri dan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut ke dokter gigi secara berkala. Jika anda menginginkan kondisi gigi dan mulut yang sehat, maka lakukanlah dua hal ini.

Lima Tanaman yang Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Selain membersihkan gigi dan mulut dengan pasta gigi, sikat gigi dan obat kumur, ternyata kita dapat menggunakan tanaman yang sudah disediakan alam. Rupanya, ada beberapa tanaman yang sangat cocok untuk digunakan membersihkan gigi dan mulut kita. Dan menariknya lagi, tanaman-tanaman ini sangat mudah untuk ditanam sendiri pada taman indoor rumah anda!

Apa saja tanaman-tanaman yang sangat bermanfaat ini? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Menjaga Kesehatan Gigi Dengan Siwak

Menjaga kesehatan gigi
Ranting siwak yang serat ujungya sudah terbuka. Sumber: gayahidup.skor.id

Salah satu tanaman yang paling populer digunakan sebagai sarana pembersih gigi dan mulut adalah siwak. Hal ini karena, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat Islam untuk membersihkan gigi dan mulut menggunakan siwak sebagai sunnah. Siwak sendiri merupakan batang atau ranting kayu yang berasal dari pohon arak (Salvador persica) yang populer di wilayah Timur Tengah.

Batang atau ranting siwak ini mengandung banyak zat antibakteri alami yang dapat melawan kuman penyebab bau mulut yang menyerang gigi dan mulut. Selain itu, siwak juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak gigi dan mencegah perlubangan pada gigi jika kita rajin membersihkannya menggunakan tanaman ini.

Cara menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan gigi sangatlah mudah. Pertama, anda tinggal mengupas ujung ranting siwak. Kunyah ujung siwak tersebut sampai serat pada ujung siwak terbuka dan  membentuk seperti bulu sikat gigi. Rendam dalam air lalu, anda tinggal menggosok gigi anda dengan ujung siwak yang sudah terbuka tersebut.

2. Daun Sirih

Menjaga kesehatan gigi
Tumbuhan sirih yang memiliki sejuta manfaat bagi gigi kita. Sumber: orami.co.id

Daun sirih merupakan tanaman yang juga tak kalah populer dengan siwak dalam membantu manusia menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka. Daun sirih ini sangat populer terutama pada wilayah Asia dimana dahulu, banyak orang tua yang suka mengunyah daun sirih mentah-mentah. Saat ini, daun sirih merupakan bahan utama dalam pasta gigi yang beredar pada masyarakat.

Daun sirih sendiri merupaka daun dari tanaman bernama sama yaitu tanaman sirih (Piper betle L.). Tanaman sirih merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang selain dapat merawat kesehatan gigi, ia juga dapat menjadi tanaman hias dengan menumbuhkan tanaman sirih pada tempat tertentu di rumah anda.

Seperti siwak, daun sirih juga mengandung zat antibakteri yang sangat tinggi. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi bau mulut akibat kuman dan bakteri yang bersarang di gigi atau mulut. Daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati infeksi berbahaya yang terjadi di dalam mulut. Selain itu, daun sirih juga mampu menghambat pertumbuhan plak dan mencegah gigi berlubang.

3. Daun Mint

Menjaga kesehatan gigi
Daun mint yang dapat memberikan sensasi dingin dan harum pada mulut. Sumber: suara.com

Jika siwak dan daun sirih memiliki kemampuan utama mencegah penyakit-penyakit pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang, infeksi, dan plak gigi, kali ini ada tanaman yang memiliki kelebihan utama untuk menyegarkan rongga mulut dan membuat napas kita menjadi wangi dengan kandungan mentholnya. Tanaman tersebut adalah daun mint.

Daun mint dari tumbuhan mint (Mentha L.) terkenal akan khasiatnya yang mampu membuat rongga mulut dan napas kita menjadi harum khas mint dan juga memberikan sensasi dingin dari menthol di dalamnya. Selain itu, mint juga mempunyai manfaat yang mirip dengan sirih yaitu menghindarkan kita dari penyakit-penyakit yang biasa menyerang gigi dan mulut.

4. Aloe Vera

Menjaga kesehatan gigi
Lidah buaya dapat menyembuhkan penyakit gigi dan mulut. Sumber: sehatq.com

Aloe vera atau juga dikenal sebagai lidah buaya biasanya kita aplikasikan sebagai perawat atau penjaga kesehatan wajah dan kulit. Tapi, tahukah anda jika ternyata, lidah buaya juga memiliki manfaat yang banyak bagi gigi dan mulut? Tumbuhan sukulen ini memang memiliki banyak sekali khasiat bagi manusia.

Tanaman dari kelompok Aloe ini memiliki manfaat menyembuhkan-menyembuhkan penyakit seperti radang dan sariawan pada gusi kita. Luka-luka akibat faktor eksternal seperti karena penggunaan gigi palsu atau bahkan karena radiasi juga dapat disembuhkan dengan lidah buaya. Cara mengonsumsi lidah buaya dapat dengan cara dibuat jus atau mengoleskan bagian dalam lidah buaya pada mulut.

Ternyata ada banyak sekali tanaman yang dapat kita gunakan untuk merawat gigi. Mari kita menjaga kesehatan gigi dan mulut bersama-sama dengan rajin menyikat gigi dan memeriksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter secara rutin!

Leave a Comment