11 Jenis Tanaman Merambat, Cocok Menghiasi Rumah

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah tampak lebih cantik dan menarik. Salah satunya dengan menambahkan taman atau berbagai jenis tanaman hias di sekeliling rumah. Misalnya saja, jenis tanaman merambat atau tanaman gantung.

Memiliki beberapa jenis tanaman merambat, tentu dapat Anda aplikasikan pada pagar rumah, tembok/dinding rumah, atap rumah, balkon dan lorong rumah. Supaya terlihat lebih hidup, menambahkan beberapa ornamen sebagai penghias pun dapat Anda lakukan.

Jenis Tanaman Merambat

Tidak sedikit jenis tanaman merambat yang bisa Anda jadikan sebagai penghias rumah. Berikut ini kami coba rangkum beberapa jenis tanaman merambat yang cocok untuk menghiasi rumah Anda.

1. Mandevilla

Jenis tanaman merambat Mandevilla, foto: terragreenhouses.com
Jenis tanaman merambat Mandevilla, foto: terragreenhouses.com

Mandevilla merupakan salah satu dari kesekian jenis tanaman merambat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghiasi rumah. Jenis tanaman merambat ini memiliki bunga dengan warna yang berwarna-warni. Seperti merah, merah jambu, dan putih. 

Tanaman ini sering dipilih sebagai penghias pagar atau dinding bagian luar rumah dan dapat tumbuh dengan baik. Termasuk di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. Meski begitu, batang Mandevilla ini tidak terlalu kuat sehingga wajib diikat di beberapa bagian sudutnya agar dapat merambat sempurna.

Tanaman ini juga cukup rentan terhadap cacing tanah sehingga ketika Anda berencana menjadikan Mandevilla sebagai hiasan pagar atau dinding luar rumah, Anda sebaiknya menggunakan arang kelapa sebagai media tanamannya. 

3. Alamanda

Bibit salah satu jenis tanaman merambat Alamanda, foto: instagram.com
Bibit salah satu jenis tanaman merambat Alamanda, foto: instagram.com

Jenis tanaman merambat selanjutnya yaitu Alamanda. Tanaman dengan bunga berwarna kuning cerah ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pagar atau penghias dinding luar rumah, karena dapat memberikan kesan ceria dan segar. 

Tanaman ini juga memiliki kemampuan bertahan hidup dengan baik. Termasuk dalam kondisi tempat dengan iklim tropis, seperti Indonesia yang cenderung panas ini. Tanaman yang sering disebut dengan nama bunga lonceng atau bunga terompet ini juga cocok dijadikan sebagai hiasan kanopi. 

Namun, jika ingin menjadikannya sebagai penghias kanopi, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa kanopi sudah terpasang dengan kuat karena jenis tanaman merambat yang satu ini memiliki daun lebat. 

3. Soapwort

jenis tanaman merambat Soapwort, foto: screenshots
jenis tanaman merambat Soapwort, foto: screenshots

Rekomendasi jenis tanaman merambat selanjutnya yaitu Soapwort. Tanaman ini tergolong jenis tanaman merambat yang pertumbuhannya relatif cepat dan menyebar, sehingga cocok untuk menutupi dinding atau kanopi. 

Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna cerah sehingga sedap dipandang mata. Sesuai dengan namanya, bunga dari tanaman Soapwort ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sabun alami. 

4. Dollar

Jenis tanaman rambat Dollar, foto: dekoruma.com
Jenis tanaman rambat Dollar, foto: dekoruma.com

Tanaman Dollar merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang cukup populer di kalangan masyarakat. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau cerah yang mengkilap sehingga mampu menghadirkan suasana dan kesan asri pada rumah Anda. 

Tanaman ini juga memiliki struktur akar yang mencengkram kuat pada bidang tempat merambat sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman penghias tembok atau pagar. Perawatan tanaman Dollar ini juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus yang rumit.

5. Flame of Irian

Jenis tanaman merambat Falme of Irian, foto: lazada.co.id
Jenis tanaman merambat Falme of Irian, foto: lazada.co.id

Rekomendasi jenis tanaman merambat selanjutnya yaitu Flame of Irian. Seperti namanya, jenis tanaman merambat yang satu ini berasal dari daerah Irian atau sekarang dikenal dengan nama Papua. 

Tanaman ini memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat baik meskipun di situasi dan kondisi yang panas sekalipun. Tanaman ini tumbuh secara menjuntai, sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman penghias kanopi di rumah Anda. 

6. Petrea Volubilis

Jenis tanaman merambat Petrea Volubilis, foto: instagram.com
Jenis tanaman merambat Petrea Volubilis, foto: instagram.com

Petrea Volubilis merupakan salah satu rekomendasi jenis tanaman merambat yang memiliki bunga seperti Lavender. Tanaman rambat ini biasanya ditanam di dekat pagar karena kecantikan bunganya yang dapat memberikan kesan ceria dan estetik. 

Tanaman Petrea ini juga sangat mudah ditanam dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah mulai dari tanah yang lembab hingga kering. Namun sayangnya, tanaman ini memiliki usia tumbuh yang pendek sehingga bunganya hanya akan mekar beberapa hari saja, kemudian layu dan gugur.

7. Jalaran Api

Jenis tanaman rambat Jalaran Api, foto: kaskus.co.id
Jenis tanaman rambat Jalaran Api, foto: kaskus.co.id

Jalaran Api merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki bunga berbentuk seperti semburan api. Bunga tanaman rambat ini memiliki warna yang cerah dan indah, sehingga cocok untuk dijadikan hiasan rumah Anda. Terutama pada bagian kanopi, pagar, atau dinding bagian luar rumah. 

8. Climbing Hydrangea

Jenis tanaman merambat Climbing Hydrangea, foto: instagram.com
Jenis tanaman merambat Climbing Hydrangea, foto: instagram.com

Jenis Tanaman merambat selanjutnya yang cocok dijadikan sebagai penutup alami area terbuka yang ada di sekitar rumah Anda yaitu Climbing Hydrangea. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan bunga berwarna putih yang cantik. 

9. Dipladenia

Jenis tanaman merambat bunga Dipladenia, foto: instagram.com
Jenis tanaman merambat bunga Dipladenia, foto: instagram.com

Jenis Tanaman merambat selanjutnya yang cocok sebagai hiasan dinding dan pagar rumah yaitu tanaman Dipladenia. Tanaman rambat ini memiliki kemiripan dengan tanaman Mandevilla karena memang masih satu keluarga. 

Tanaman ini juga memiliki bunga yang cantik berwarna merah menyala dengan daun berukuran kecil dan tampak rimbun. 

10. Bunga Ivy

Jenis tanaman rambat bunga Ivy, foto: blok-a.com
Jenis tanaman rambat bunga Ivy, foto: blok-a.com

Bunga ivy juga menjadi salah satu jenis tanaman merambat yang recommended untuk dijadikan sebagai hiasan dinding dan pagar di rumah Anda. Tanaman hias ini memiliki batang yang menjalar dengan daun berbentuk segitiga, dan mampu tumbuh dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain mempercantik tampilan rumah, tanaman ini juga mampu menyerap polusi udara yang ada di lingkungan sekitar rumah Anda. Sehingga udara menjadi lebih segar dan bersih. Meski begitu, getah tanaman bunga Ivy ini dapat menyebabkan alergi dan iritasi.

11. Bougenville

Jenis tanaman merambat Bougenville, foto: insightsgreece.com
Jenis tanaman merambat Bougenville, foto: insightsgreece.com

Bougenville juga menjadi rekomendasi jenis tanaman merambat yang cocok sebagai penghias pagar atau kanopi di rumah Anda. Tanaman ini memiliki kelopak bunga yang tipis seperti kertas. 

Ada banyak variasi warna bunga Bougenville, seperti merah, merah muda, putih, kuning, ungu, dan lainnya. Warna-warna tersebut mampu memberikan sentuhan ceria pada rumah Anda. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus dan dapat tumbuh dengan subur di cuaca yang panas.

Inilah beberapa jenis tanaman merambat yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu tanaman penghias rumah. Anda bisa berkreasi melalui tanaman-tanaman tersebut dengan menyalaraskan antara konsep taman dan nuansa rumah.

Tampak rumah cantik, foto: unsplash.com
Tampak rumah cantik, foto: unsplash.com

Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam mempercantik rumah. Anda bisa berkonsultasi kepada salah satu jasa interior atau jasa taman Jogja berpengalaman. Terutama bagi Anda yang tinggal di Jogja dan sekitarnya.

Demikianlah artikel ini kami susun, semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi. Anda juga boleh share artikel ini sebagai salah satu informasi menarik untuk dibaca. Serta jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya dari kami. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment