Air Mancur dari Bambu, Kerajinan Antik nan Estetik

Memiliki kerajinan tangan di rumah dapat menjadikan rumah semakin indah dan estetik. Karena itulah tidak sedikit masyarakat yang membuat berbagai macam kerajinan untuk menghiasi hunian mereka. Namun tahukah Anda, saat ini sedang ramai-ramainya sebuah kerajinan yang cukup unik. Yap, itulah air mancur dari bambu yang antik.

Sedikit Tentang Kerajinan

Barangkali Anda bertanya-tanya, apa itu kerajinan? Kerajinan merupakan suatu karya yang dihasilkan dengan menggunakan keterampilan tangan, tentunya dengan memperhatikan aspek keindahan dan estetik dari suatu barang. Semakin rumit sebuah kerajinan dibuat, maka semakin berkualitas juga berhargalah suatu barang. 

Pada intinya, kerajinan ialah hasil karya yang setidaknya memiliki dua hal, yaitu keindahan dan kebermanfaatan. Kerajinan biasanya dijadikan hiasan supaya sebuah ruangan semakin menawan. Ada banyak sekali kerajinan yang dapat Anda temukan seperti kerajinan tangan rajutan atau anyaman, buket bunga, berbagai lukisan, patung atau statue, dan masih banyak lagi.

Kerajinan menjadi hiasan indah di rumah. Sumber: https://regional.kompas.com. Air Mancur dari Bambu
Kerajinan, hiasan indah penuh makna. Sumber: https://regional.kompas.com

Namun secara umum, kerajinan dibagi menjadi dua jenis yaitu kerajinan berbahan keras dan kerajinan berbahan lunak. Pastinya dua kerajinan ini memiliki perbedaan. Sesuai namanya kerajinan lunak memiliki bahan dasar yang teksturnya cenderung lunak dan lembut seperti kain, tanah liat, daun, lilin, sabun, kulit pohon dan sebagainya.

Adapun kerajinan keras ialah hasil karya yang mempunyai bahan dasar berasal dari bahan-bahan bermaterial keras. Contoh-contohnya misalnya kerajinan dari batu, aluminium, fiberglass, besi, kayu, rotan, bambu, tembaga dan lain-lain.

Air Mancur dari Bambu, Kerajinan yang Sedang Diburu

Ada banyak sekali jenis kerajinan, namun kerajinan dari bambu masih menjadi kerajinan yang banyak diminati orang-orang. Bambu yang identik dengan nuansa alami membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa tenang, sejuk, damai dan asri. Tidak heran kerajinan dari bambu selalu menjadi kerajinan yang laris tak bersisa.

Air mancur dari bambu, antik dan etstetik. Sumber: https://www.tokopedia.com/
Air mancur dari bambu, antik dan etstetik. Sumber: https://www.tokopedia.com/

Salah satu kerajinan bambu yang banyak diminati ialah air mancur dari bambu. Desain tradisional ala zaman dulu, dengan sentuhan seni kekinian menjadikan kerajinan air mancur dari bambu ini antik indah menawan. Perpaduan antara bambu, hijau-hijauan dan air yang mengalir melalui bambu semakin menunjukkan kesan alami.

Boleh dibilang kerajinan ini adalah kerajinan yang masih sangat langka dan terus diburu. Salah seorang pengrajin air mancur bambu asal Yogyakarta mengatakan bahwa ia kewalahan dengan pesanan yang terus membludak. Para konsumen mulai banyak menaruh dengan minat kerajinan satu ini. Bahkan beberapa kali ia mendapatkan pesanan hingga luar negeri. 

Satu kerajinan air mancur bambu ini bisa dibanderol ratusan hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitannya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuka usaha bisnis kerajinan, kami sarankan untuk membuka usaha air mancur dari bambu ini. Meski tidak mudah dalam membuatnya (karena dibutuhkan keterampilan dan kecakapan), Anda tetap patut mencobanya karena banyak peminatnya namun belum banyak pengrajinnya.

Berbagai Ide Kerajinan dari Bambu

Anda dapat membuat berbagai kerajinan sendiri di rumah (selama Anda punya kemauan), salah satunya yakni kerajinan air mancur dari bambu. Kerajinan ini dapat membuat pikiran tenang, fresh, sejuk karena suasana natural yang dihasilkan. Itulah mengapa Anda wajib memiliki  air mancur satu ini. Tidak perlu membeli, karena Anda juga bisa membuat kerajinan ini sendiri di rumah.

Namun apabila air mancur dari bambu cukup sulit dibuat, maka Anda bisa membuat kerajinan berbahan bambu yang lainnya. Kerajinan dari bambu memiliki banyak manfaat yang barangkali belum Anda ketahui. Kerajinan bambu membangun nuansa menyatu dengan alam, yang bisa menjadi obat dari kesuntukan hiruk pikuk tengah kota.

Disamping itu, kerajinan dari bambu mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dibanding kerajinan yang lainnya. Salah satu penyebabnya adalah bahan baku yang tidak mudah untuk mencarinya. Maka cocok sekali bila kerajinan bambu ini dijadikan sebuah ide bisnis. Bisa dijamin bisnis akan bisa berkembang dan terus mengepakkan sayapnya.

Berikut kami sampaikan beberapa ide seputar kerajinan bambu, selamat menyimak.

1. Lampu Hias Bambu

Anda ingin rumah Anda tampil cantik namun dengan budget yang terjangkau? Lampu hias bambu lah jawabannya. Anda bisa membuat lampu hias bambu untuk membuat hunian Anda tampak menawan dan elegan. 

Lampu hias bambu, unik dan estetik. Sumber: https://www.hipwee.com/. Air Mancur dari Bambu
Lampu hias bambu, unik dan estetik. Sumber: https://www.hipwee.com/

Anda bisa juga menjadikan lampu hias bambu sebagai bisnis ke depan. Lampu hias ini memiliki prospek bagus dari segi bisnis, karena saat ini belum banyak pengrajin lampu hias bambu sehingga minim pesaing. Karena itu ini merupakan sebuah peluang yang akan sangat sayang bila disia-siakan. 

Untuk membuat kerajinan lampu hias bambu cukup mudah, tidak serumit membuat air mancur dari bambu. Bila hendak membuat, pertama potonglah bambu sesuai yang Anda inginkan. Bentuk permukaan bambu dengan cara memahat sesuai keinginan. Lalu haluskan permukaan dengan amplas, cat dengan plitur, keringkan.

Untuk tempat dudukan lampu, lubangilah bawah bambu sebagai tempat dudukan lampu. Lampu kemudian dimasukkan melalui bagian atas. Sambungkan kabel, pasang bola lampu, maka lampus hias sudah ready.

2. Anyaman Bambu

Anyaman bambu menjadi kerajinan yang cukup diperhitungkan beberapa tahun terakhir ini. Hal ini disebabkan karena anyaman bambu merupakan salah satu kerajinan dengan bahan baku yang alami. Adapun barang lain seperti topi, tutup lampu, dan juga tas merupakan kerajinan dengan bahan baku buatan.

Anyaman bambu, kerajinan yang banyak manfaat. Sumber: https://blog.tribunjualbeli.com. Air Mancur dari Bambu
Anyaman bambu, kerajinan yang banyak manfaat. Sumber: https://blog.tribunjualbeli.com

BIla Anda hendak membuat anyaman bambu pastikan bambu yang digunakan dalam menganyam ialah bambu yang memiliki umur muda. Bambu yang tua cenderung kaku dan sudah sangat sulit sekali untuk dibentuk-bentuk.

3. Hiasan Dinding Bambu

Hiasan dinding menjadi hiasan sejuta umat. Mengapa tidak, hampir setiap rumah Anda dapat temui hiasan dinding yang ada. Memang memasang hiasan pada dinding dapat mempengaruhi aktivitas kita di rumah. Hiasan dinding yang memiliki aura cerah, bersinar, gembira akan membuat siapa saja yang menyaksikan merasa bahagia.

Ada banyak hiasan bambu yang bisa Anda buat. Sumber: https://www.bosproperti.com
Ada banyak hiasan bambu yang bisa Anda buat. Sumber: https://www.bosproperti.com

Demikian, kerajinan bambu menjadikan kesan rumah lebih alami, menyatu dengan alam. Begitu juga dengan air mancur dari bambu yang memancarkan aura kesegaran. Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang pohon Bonsai dan menanam Edelweis. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Leave a Comment